Sekadar menelusuri jejak-jejak peradaban

10 Januari dalam Sejarah

10 Januari 1832 – Penyakit Hodgkin Didokumentasikan
Biopsi nodus limfa menunjukkan
limfoma Hodgkin (foto: Wikipedia)
THOMAS HODGKIN, seorang dokter Inggris yang kala itu berusia 34 tahun, membawakan sebuah makalah di Medical and Surgical Society, London pada 10 Januari 1832. Karena ia bukan anggota, makalah tersebut dibacakan oleh sekretaris organisasi. Hanya delapan anggota yang hadir mendengarkan makalah bertajuk “Some Morbid Appearances of the Absorbent Glands and Spleen”.

Makalah tersebut diabaikan. Baru menjelang akhir abad ke-19, gangguan limfoma yang langka tersebut di Inggris mulai dikenal sebagai Penyakit Hodgkin. Padahal, orang Jerman sejak beberapa waktu telah menyebutnya sebagai “Hodgkin’s Krankeheit”. Hodgkin sendiri sebenarnya bukan orang pertama yang mengangkat tentang penyakit tersebut, karena dokter Italia Marcello Malpighi telah menulisnya pada 1666. Namun, makalah Hodgkin merupakan yang pertama mendokumentasikan penyakit tersebut dengan cukup baik.


Dengan pengetahuan dewasa ini, ternyata dari tujuh kasus yang diutarakan Hodgkin dalam makalahnya, hanya tiga yang sahih. Empat lainnya merupakan penyakit lain dengan gejala mirip penyakit Hodgkin. [*/ACA]

10 Januari 1863 – London Underground Railway Dibuka
LONDON Underground adalah jaringan transportasi massal kereta listrik di bawah tanah. Jaringan transportasi itu melayani daerah Kota London dan London Raya. London Underground Railway sering juga disebut dengan istilah Metro atau Tube.

Jaringan transportasi itu merupakan yang tertua di dunia dari jaringan sejenis. Underground sudah mulai beroperasi sejak 10 Januari 1863 pada Metropolitan Railway yang sekarang rutenya dilayani Circle Line dan Hammersmith & City Line.

Jaringan itu memiliki 274 stasiun serta 253 mil atau 408 km rel aktif yang melayani 3 juta perjalanan penumpang per hari. Pada 2003 hingga 2004, terdapat 948 juta perjalanan yang telah dilayani. Sejak 2003, London Underground menjadi bagian Transport for London atau TfL yang juga mengelola kontrak bus tingkat London yang populer. Tak hanya itu, logo Underground sudah menjadi ikon bagi Kota London. [Dok. MI, History]

10 Januari 1920 – Liga Bangsa-Bangsa Berdiri
LIGA Bangsa-Bangsa secara resmi memulai pekerjaannya. Liga Bangsa-Bangsa dibentuk setelah Perang Dunia I dengan tujuan untuk mewadahi kepentingan bangsa-bangsa dan menjaga perdamaian dunia.
Pendirian lembaga itu diprakarsai Presiden AS waktu itu Woodrow Wilson, dalam perjanjian damai di Versailes. Namun, AS sendiri tidak bergabung dalam Liga Bangsa-Bangsa. Pada awalnya, Afrika dan Uni Soviet juga tidak bergabung ke dalam organisasi itu. Prancis dan Inggris pun hanya bertindak sebagai pendukung, bukan anggota.

Ketiadaan jaminan akan terlaksananya keputusan yang dihasilkan Liga Bangsa-Bangsa merupakan masalah terbesar yang dihadapi oleh organisasi itu. Kekuatan-kekuatan besar saat itu, seperti Italia danJerman, bahkan menganggap enteng organisasi tersebut.

Berbagai konflik menjelang Perang Dunia II dan kekecewaan sebagian negara-negara anggota membuat organisasi itu akhirnya bubar begitu saja. Pada 1946, pasca-Perang Dunia II, berdirilah PBB yang menggantikan fungsi Liga Bangsa-Bangsa. [Dok. MI, History]

10 Januari 1929 – Komik Tintin Menjadi Sisipan di Koran Le Vingtième Siècle
Le Petit Vingtième, number 32
from 1934 (foto: Wikipedia)
TINTIN, komik ciptaan Kartunis Belgia, (Georges Prosper Remi alias Hergé, mulai menjadi sisipan rubrik untuk kawula muda Le Petit Vingtième di surat kabar Le Vingtième Siècle. Tintin awalnya diciptakan berdasarkan tokoh kepanduan yang lucu bernama Totor. Namun, belakangan tokoh Tintin dalam cerita komik digambarkan sebagai seorang wartawan investigasi.

Tintin merupakan salah satu komik terkenal Eropa pada abad ke-20. Sudah lebih dari 200 juta bukunya diterbitkan dan diterjemahkan ke dalam lebih dari 50 bahasa. Selain menampilkan cerita petualangan, komik Tintin penuh dengan elemen fantasI, misteri, politik, dan sains fiksi. Tak jarang ceritanya juga disisipi matei humor slapstick yang berkaitan dengan politik dan budaya suatu negara. [Detik]


10 Januari 2008 – Debut Mobil Termurah di Dunia
HARI ini pada 2008, di New Delhi Auto Expo di India, debut Nano yang diproduksi Tata Motors disebut-sebut sebagai mobil termurah di dunia. Nano dibanderol sekitar US$2.500.

Tata, produsen mobil terbesar di India, menjuluki mobil mini dengan empat pintu dan berbentuk gelembung itu ‘mobil rakyat’ dan menyatakan sebagai kendaraan bagi keluarga yang sebelumnya tidak mampu membeli mobil.

Pada saat itu, tidak jarang pemandangan seluruh keluarga naik dalam satu motor. Untuk model dasar, mobil itu dibanderol US$2.000 (tidak termasuk pajak) tanpa fitur radio, AC, kantong udara, power steering, atau power window. Tata menerima lebih dari 203.000 preorder untuk Nano. [Dok. MI, History]

Sumber: Detik, Kompas, Media Indonesia, History, Wikipedia
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

Cara Seo Blogger