Sekadar menelusuri jejak-jejak peradaban

Ribuan Orang Tertimbun Tanah Longsor di Afghanistan

Sebuah berita duka dari bumi Afghanistan. Saudara-saudara kita di Desa Hobo Barik, Distrik Argo, Provinsi Badakhshan, Afghanistan mengalami musibah tertimbun tanah longsor pada Jumat (2/5) pagi waktu setempat. Ratusan rumah tertimbun longsor dan ribuan orang dinyatakan tewas terkubur pada kedalaman hingga 60 meter.

Longsor Kubur 2.700 orang | Media Indonesia | Minggu, 4 Mei 2014 | halaman 1


Awalnya, longsor pertama yang terjadi pada Jumat pagi tersebut hanya menimbun beberapa rumah saja. Orang-orang pun lantas berdatangan untuk membantu. Namun, beberapa jam kemudian, sekitar pukul 11.00 waktu setempat, longsor susulan yang lebih besar menerjang dan mengubur ratusan rumah berikut ribuan penghuninya, termasuk para warga yang tengah menghadiri sebuah acara pernikahan di sana.

Menurut Gubernur Badakhshan, Shah Waliullah Adeeb, area yang tertutup lumpur itu seperti kuburan massal. Longsor permukaan bukit yang disebabkan hujan lebat itu, mengubur 2.700 orang dan sekitar 300 rumah atau sekitar sepertiga dari jumlah hunian di Hobo Barik, sebuah permukiman terpencil di timur laut Afghanistan. “Angka itu berdasarkan pada jumlah rumah yang dihuni, para tamu acara pernikahan, dan orang-orang yang sebenarnya datang untuk menolong, tetapi kemudian ikut terkubur,” lanjut Adeeb.

Hobo Barik merupakan sebuah permukiman terpencil di timur laut Afghanistan. Provinsi Badakhshan sendiri berbatasan dengan Tajikistan di sebelah utara dan Pakistan pada sisi selatan, dan dikelilingi pegunungan.

Referensi: Media Indonesia edisi Minggu, 4 Mei 2014
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

Cara Seo Blogger