Sekadar menelusuri jejak-jejak peradaban

Kesempatan Kedua (Bagian Pertama)



Tak henti-hentinya Sari mengucap syukur. “Tuhan memberikan kesempatan kedua…,” ujar mahasiswa ABA (Akademi Bahasa Asing) Prayoga, Padang, yang gedungnya kini tinggal puing. Betapa tidak, ia lolos dari maut setelah terhimpit reruntuhan hampir dua hari dua malam. Hanya semangat untuk hidup yang membuat ia mampu bertahan. Jadilah ia salah seorang yang selamat dari bencana gempa berkekuatan 7,6 (dalam skala Richter) yang menggegerkan bumi Minang, Rabu, 30-9-2009, 17.16 WIB.

Boleh jadi, Tuhan memang memberikan kesempatan (lagi) untuk melanjutkan sisa episode kehidupannya. Pastilah ia tak akan menyia-nyiakan kesempatan ini untuk segera memperbaiki segala aspek perikehidupan, terutama dengan Tuhannya. Banyak kisah yang menyiratkan perbaikan diri setelah mendapat kesempatan kedua. Jangan heran jika seseorang menjadi lebih shaleh ketika, misalnya, bangkit dari keadaan koma berhari-hari. Lepas dari kisah perjalanannya mencicipi kehidupan “lain” sewaktu terbaring koma itu, secara logika ia akan beroleh semangat baru karena ada kesempatan baru pula.

Pun mudah-mudahan saudara-saudara kita di ranah Minang yang diberi kesempatan menganyam (kembali) kehidupan, menjadi manusia yang jauh lebih baik. Amin. Memang berat rasanya untuk segera bangkit di tengah kesedihan ditinggal sanak saudara di tempat yang segenap infrastrukturnya hancur pula. Namun, tetaplah semangat…. Ingatlah Tuhan telah memberikan kesempatan kedua; tidak sembarang orang mendapatkannya. Segala doa dari saudara-saudaramu di segenap penjuru bumi menyertai perjalananmu ke masa depan.

Adapun saudara-saudara kita yang digariskan (lebih dahulu) menemui-Nya karena takdir gempa itu, insya Allah akan mendapat tempat yang layak di sisi-Nya. Saya berkeyakinan, beberapa saat menjelang takdir itu menjemput, mereka (dalam keadaan) mengingat Tuhannya; hal inilah yang menjadi syarat minimal untuk mencapai syurga-Nya. Amin….

(Rumah Kreatif Dixi, Kamis,8-10-2009, 13.13)
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

Cara Seo Blogger